Senin, 04 April 2016

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta ( PASTY )

Pintu Masuk PASTY
Pintu Masuk PASTY
Bertempat di perbatasan Kabupaten Bantul terdapat pusat keramaian yang tak biasa. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) berada di sisi paling Selatan kota Jogja. Dulunya pasar ini memang hanya menjual tanaman hias, namun sekarang telah berkembang tak hanya tanaman namun juga satwa. Tepat di jalan Raya Bantul km1 Dongkelan membuat lokasi ini sangat strategis apalagi telah dilengkapi banyak sarana pendukung seperti masjid, kafetaria, taman, toilet umum, zona bermain dan, arena burung kicau.
Tanpa meninggalkan kearifan lokal dalam kehidupan sehari-harinya membuat karakter pria Jawa yang penuh filosofi, yakni tradisi memelihara burung kicau atau budaya klangenan. Pasar ini telah memiliki tempat tersendiri bagi warganya sebab telah berdiri sejak lama dan dari generasi ke generasi masih beroperasi walaupun tempatnya kerap berpindah seiring penataan kota Yogyakarta.
Di kios-kios yang berjajar rapi, kita dapat berjalan sambil melihat-lihat juga sembari mendengarkan kicauan burug yang saling bersautan. Lorong di sepanjang toko pun sengaja di buat agak lebar sehingga tidak terlihat penuh sesak dan nyaman untuk berjalan. Tempat ini paling dipadati adalah saat akhir pekan dimana orang-orang banyak libur sembari menghabiskan waktunya. Setiap minggu juga kita bisa menjumpai banyak orang yang bersepeda di kawasan ini. Berbagai burung dapat kita temui di PASTY. Burung apapun yang anda inginkan pasti dapat anda temukan di sini, misalnya burung peliharaan rumah biasa seperti burung dara sampai burung nuri, parkit, beo, dan burung berbulu atau bersuara undah lainnya. Banyak juga orang tua yang sengaja mengajak anaknya untuk mengenalkan pada si kecil tentang satwa-satwa yang ada di sini.
Interaksi pedagang dan pembeli di pasar burung
Interaksi pedagang dan pembeli di pasar burung
Jangan takut bosan saat mengunjungi lokasi ini sebab setiap saat mata anda akan terpukau lewat pertunjukan keahlian burung dara, bertunjukan beo mengoceh, dan aduan kicau burung yang diperlihatkan para pedagang di sini. Atraksi yang disuguhkan biasanya bertujuan untuk menambah harga jual. Semakin baik atraksi yang ada semakin tinggi harga permintaan. Pengunjung pun dibebaskan untuk memotret sehingga tak jarang para pecinta photography sering datang sekedar untuk hunting foto. Mengeksplorasi pasar ini tidak akan ada matinya sebab setiap hari pasti ada burung beraneka warna, tingkah menggemaskan hbinatang yang dijual, dan interaksi jual beli yang seru antara pedagang dan pembeli

Selain fungsi utamanya menjadi daya tarik wisatawan, di areal PASTY juga sering digunakan sebagai tempat menyelenggaraka berbagai event sebab saat ini sarana dan prasarana PASTY Dongkelan telah lebih cukup dari memadai mulai toilet bersih, areal parkir yang luas, dan tempat ibadah. Tempat ini terbagi menjadi dua areal dan dipisahkan oleh Jalan Bantul. Dan juga bagi anda yang ingin mengajak buah hati anda tidak usah khawatir sebab area ini dilengkapi tempat permainan anak, arena kompetisi burung, dan kios-kios penjual makanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar